Rabu, 14 Juni 2017

ANALISIS BASTAKIYA

Al Bastakiya

Pada kesempatan yang lalu saya di berikan pengalaman mengunjungi negri Timut Tengah tepatnya di kota Dubai, setelah sampainya di kota tersebut yang ada di benak saya hanyalah kekaguman atas apa yang tersedia di kota tersebut, terutama bagi kami Mahasiswa Jurusan Arsitektur sangat mengumi keindahan bangunan bangunan yang ada di sana. pada kesemptan lain kami mengunjungi kota bersejarah di sana yaitu, kota Al Bastakiya. 


kota ini sangat terpelihara keasliaannya hingga saat kami masih mengunjungi daerah tersebut. banyak sekali yang saya pelajari, terutama dari segi bangunannya. bentuknya yang unik dan pemilihan material yang digunakan sangat terbatas menjadikan bangunan ini sebagai bangunan warisan atas perkembangan zaman pada saat itu. pada saat itu bangunan ini didirikan pada tahun 1890-an dan pada saat itu ini adalah rumah penduduk.


uniknya adalah kami sangat menyukai bagian dari detail kota Bastakiya ini, karena smua bangunannya menggunakan plur an saja, karena memang pada saat itu yang namanya acian memang blum ada yahh hehehe...sehingga bangunan ini memang terkesan sangat tradisional dengan apa yang dimilikinya.



dapat dilihat bahwa bangunan ini memliki daya tarik tersendiri, bagi orang lain ada yang mengatakan bahwasnnya bangunan ini menggunaakan sebagian dari kotoran hewan (burung wallet). selain itu di Bastakiya ini terdapat beberapa perubahan fungsi dari setiap bagunannya, semula rumah dan semenjak perkembangan zaman orang merubah fungsinya menjadi tempat berdagang namun tetap menjaga keaslian dari bentuk bangunan itu sendiri.

oke,,, mungkin hanya itu pengalaman yang dapat saya bagi
semoga apa yang saya ceritakan ini bermanfaat bagi yang membacanya.😄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar