Rabu, 10 Januari 2018

kritik arsitektur

Gedung Sydney Opera House


Gedung Opera Sydney di Sydney, New South Wales adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekatSydney Harbour Bridge dan pemandangan kedua bangunan ini menjadi ikon tersendiri bagi Australia. Bagi jutaan turis yang datang, gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang. Yang didesain oleh seorang arsitek dari denmark yang bernama jorn utzon dengan structural engineer ove arup partners.
KONSEP BENTUK
Semua bermula dari awalnya pemerintah new south wales membuka kompetensi desain terbuka/ sayembara bertaraf internasional pada tahun 1956 dan jorn utzon seorang arsitek dari denmark memenangkan sayembara ini, karena menurut pemerintah NSW desain yang ia buat sangatlah tidak terduga, berani dan visoner.  Konsep bentuk Sydney opera house ini termasuk konsep metafora yang dimana bentukan dari layar kapal dan tumpukan kerang. Ia menegaskan bahwa bentuk ini sangat cocok untuk dibangun di sisi pantai. Prinsip desain gedung ini adalah untuk bertindak sebagai panduan untuk semua perubahan masa depan ke gedung. Dan membantu untuk memastikan integritas arsitektur bangunan di pertahankan.

STRUKTUR


Struktur yang digunakan pada bangunan ini adalah struktur concrete frame & precast dan concrete ribbed roof. Pada awal proses desain yang "shell" yang dianggap sebagai rangkaian parabolas didukung oleh beton ribs yg dibuat di pabrik. Namun, teknisi Ove arup mitra tidak dapat menemukan solusi untuk membangun mereka. The formwork untuk menggunakan in-situ beton akan mahal. Dari 1957 ke 1963 desain tim pergi melalui setidaknya dua belas Iterasi dari bentuk kerang mencoba untuk menemukan sebuah bentuk yang dapat diterima secara ekonomis (termasuk skema dengan parabola, circular ribs dan ellipsoids) sebelum sebuah solusi telah selesai dikerjakan. Desain struktur paling awal menggunakan komputer dalam analisis struktural dalam rangka untuk memahami kekuatan yang kompleks.  Pada pertengahan 1961-desain tim menemukan solusi untuk masalah: the shells semua yang dibuat sebagai bagian dari sphere. Solusi ini memungkinkan arches dari berbagai panjang akan dilemparkan ke dalam cetakan yang umum, dan sejumlah segmen arch umum panjang untuk ditempatkan berdekatan untuk membentuk sebuah bagian bulat.  Dan jadilah cangkang shell setinggi 60 m yang merupakan atap pada bangunan opera house.

KONTEKS TEMPAT DAN FUNGSI
The Sydney Opera House melakukan pembangunan tiga tahap dan ini berguna dalam memahami sejarah dari tiga elemen kunci dari komposisi arsitektur: podium (tahap 1: 1.958-1.961), kerang berkubah (stadium 2: 1962-1967) dan dinding kaca dan interior (stadium 3: 1.967-1.973). Arsitek Jørn Utzon dikandung desain keseluruhan dan mengawasi pembangunan podium dan kerang berkubah. Dinding kaca dan interior yang dirancang dan konstruksinya diawasi oleh arsitek Peter Hall didukung oleh Lionel Todd dan David Littlemore dalam hubungannya dengan Arsitek maka Pemerintah New South Wales, Ted Farmer. Desain unik Utzon bersama-sama dengan pendekatan radikal untuk pembangunan gedung memupuk lingkungan kolaboratif dan inovatif yang luar biasa. Solusi desain dan konstruksi struktur shell waktu delapan tahun untuk menyelesaikan dan pengembangan ubin keramik khusus untuk kerang mengambil alih tiga tahun. The Sydney Opera House menjadi laboratorium pengujian yang luas terbuka pra-casting pabrik.

KESIMPULAN : bangunan ini di desain di sekitar tepi pantai, dengan memiliki konsep seperti layar dari sebuah perahu menggambarkan bangunan ini cocok berada pada kawasan di tepi pantai, selain itu desain dari bangunan ini juga impresionis dan tidak monoton sehingga menggambarkan sebuah bangunan masa depan.



SUMBER:
Advisory Body Evaluation
aribfarraswahdan.blogspot.co.id/2013/02/gedung-opera-sydney-sydney-new-south.html?m=1
Wikipedia/Sydney opera house
Well-come2happy.blogspot.co.id/2009/01/Sydney-opera-house-terletak-di-sidney.html?m=


Tidak ada komentar:

Posting Komentar